Jaringan Dokumentasi Informasi Hukum Nasional  

Wednesday, March 31 2021

Partisipasi Masyarakat Demi Pelayanan Hukum dan HAM Lebih Baik

Jakarta (24/03) – Dalam hal pelayanan negara sudah hadir di tengah-tengah masyarakat, hanya saja belum maksimal, masih perlu adanya inovasi untuk memaksimalkan pelayanan tersebut. Dekan Fakultas Hukum Universitas Halu Oleo, Herman, menyatakan bahwa saat ini pemerintah dan kanwil kemenkumham masih mengalami kendala dalam memberikan pelayanan prima ke masyarakat. “Untuk saat ini masih ada kendala soal pemenuhan pelayanan hukum, harus ada inovasi-inovasi yang dilakukan oleh kanwil kemenkumham untuk meningkatkan pelayanan hukum tersebut,” jelas Herman.

 

Selain soal inovasi, Herman juga menyampaikan perlunya partisipasi aktif dari masyarakat dalam pelayanan perda. “Mungkin banyak perda yang dibatalkan karena saat pembuatan masih belum melibatkan masyarakat, sehingga perda yang dibentuk terkesan berat sebelah yang akhirnya menimbulkan pelanggaran di masyarakat,” tambah Herman.

 

Peneliti Balitbangkumham, Josefhin Mareta, dalam paparannya juga memberikan masukan kepada kanwil untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Kami berharap hasil penelitian kami dapat digunakan oleh para Kanwil untuk meningkatkan pelayanan, dan terlebih lagi dapat dipakai untuk revitalisasi Law and Human Right Center, sehingga pelayanan hukum dan HAM di kanwil kepada masyarakat menjadi lebih baik,” jelas Josefhin.

 

Kegiatan OPini Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan OPini yang akan diadakan 33 Kanwil di seluruh Indonesia. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Balitbangkumham, Ibu Sri Puguh Budi Utami, dan menghadirkan JFT Perancang Muda Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Linda Fatmawaty sebagai narasumber. (*humas)